Minggu, 29 November 2009

Organisasi

          Manusia hidup di dunia ini tidak terlepas dari rasa ketergantungan dengan yang lainnya . mereka saling membutuhkan pertolongan dari individu dengan individu lainnya. Oleh karena itu kita sebagai makhluk sosial, manusia dapat digambarkan sebagai antar individu yang saling bergantungan dan membutuhkan. Sehingga komunikasi antar individu-individu atau masyarakat ditentukan oleh perannya masing-masing. Organisasi merupakan kata yang sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Dengan berorganisasi kita dapat mengembangkan potensi yang kita miliki, melatih kerjasama dengan orang lain atau antar kelompok organisasi itu sendiri, maupun dengan berbagai pihak yang saling terkait. Manusia hidup dalam suatu organisasi. d Semua orang di seluruh dunia antara satu sama lain memiliki perkumpulan kumpulan agar mereka dapat menwujudkan visi dan misi tertentu. Menurut saya, organisasi adalaah sekelompok orang yang berkumpul dengan memiliki tujuan bersama untuk meraih suatu pencapaian tertentu. Bisa saja pencapaian tersebut berupa tujuan akhir yag harus dilaksanakan dalam pengelolaan suatu organisasi. Biasanya organisasi dapat dibentuk dari dua orang atau lebih. Adapun nama organisasi ini berasal dari bahasa Yunani yakni organon yang mempunyai arti ’alat’. Maksudnya organisasi adalah suatu wadah / alat / perkumpulan sekelompok orang dengan perannya masing-masing saling berintegrasi satu sama lain dengan cara mendayagunakan sumber daya yang dimiliki. . Hal yang paling mendasar dalam beroraganisasi adalah bagaimana setiap orang mampu bekerja sama, bukan sama-sama kerja, bahu membahu untuk mewujudkan impian bersama, yaitu tercapainya tujuan bersama. Organisasi bukan sebagai suatu sistem tertutup tetapi suatu sistem terbuka yang harus mempertahankan kelangsungan hidupnya menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan.

 Dan pada prinsipnya setiap organisasi harus memiliki tiga unsur dasar, yaitu :

a. Sekumpulan orang,

b. Adanya kerjasama,

c. Tujuan yang ingin dicapai.

          Jika salah satu dari ketiga kategori tersebut tidak terdapat dalam sebuah organisasi, maka hal tersebut bukanlah suatu organisasi namun hanyalah berupa perkumpulan biasa. Dalam organisasi terdapat beberapa definisi mengenai teori organisasi. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Teori klasik

Mempelajari tentang struktur hubungan kekuasaan-kekuasaan, tujuan-tujuan, peranan-peranan, kegiatan-kegiatan, komunikasi dan faktor-faktor lain yang terjadi bila orang bekerjasama.

2. Teori birokasi ( menekankan struktur organisasi)

3. Teori administrasi (menekankan pembagian kerja sebagai faktor utama

    dalam organisasi)

4. Teori managemen ilmiah (menerapkan pada metode ilmiah yaitu study,

    analisa, pemecahan masalah)

5. Teori neo-klasik

   Mempelajari tentang pentingnya aspek psikologi dan sosial karyawan

   sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjannya.

6.Teori modern

 Secara khusus manajemen organisasi mempunyai dua tugas utama yaitu  efektivitas dan efisiensi.

Untuk mengelola organisasi dengan baik, maka diperlukan suatu pengelolaan atau manajemen organisasi. Adapun fungsi utama manajemen ini adalah sebagai perencanaan dari pemilihan sekumpulan kegiatan dan pemutusan tindakan yang akan diambil.Selain itu jika dilihat dari segi organisasi manajemen berfungsi sebagai suatu proses untuk merancang struktur formal, mengelompokkan dan mengatur serta membagi tugas-tugas atau pekerjaan diantara anggota organisasi. Dalam manajemen organisasi juga diperlukan pengontrolan atau pengawasan sebagai proses untuk menjamin bahwa tujuan-tujuan organisasi dan manajemen tercapai dengan baik.

Beberapa contoh organisasi diantaranya adalah partai-partai, perusahaan-perusahaan, pabrik-pabrik, departemen, kelompok karyawan, arisan ibu-ibu, perkumpulan tukang ojek, Organisasi sekolah : Paskibra, PMR, Pramuka, Marching Band, dll. Organisasi mahasiswa : BEM dsb.

Macam-macam organisasi

1. Organisasi informal

   Terbentuk tanpa sengaja berdasarkan karena persamaan tujuan.

   Contoh :    arisan, perkumpulan     kelas, dsb.

2. Organisasi formal

    Dibentuk karena ada tujuan yang jelas dan menikat anggota organisasinya.

    Profit : mencari keuntungan atau laba

    Contoh : perusahaan barang atau jasa, pabrik.

    Nonprofit : tidak mencari keuntungan

    Contoh : organisasi sosial, PBB, ASEAN

Sekilas Mengenai Perkembangan Organisasi  

Pengembangan Organisasi merupakan program yang berusaha meningkatkan efektivitas keorganisasian dengan mengintegrasikan keinginan individu akan pertumbuhan dan perkembangan dengan tujuan keorganisasian.Pentingnya perkembangan organisasi disebabkan karena adanya :

  · Perubahan adalah pertanda kehidupan

  · Perubahan memberikan harapan

  · Pengembangan merupakan tanggapan atas perubahan

  · Pengembangan merupakan usaha untuk menyesuaikan dengan hal baru 

 

Senin, 23 November 2009

Java Server Pages (JSP)

Sekilas tentang JSP

Untuk membangkitkan halaman-halaman Web sesuai dengan permintaan pemakai, para pengembang aplikasi Web bisa menggunakan perangkat lunak seperti JSP, PHP, Perl, dan ASP. JSP (JavaServer Pages) merupakan teknologi yang didasarkan pada bahasa Java, yang dapat digunakan untuk membentuk halaman-halaman Web yang bersifat dinamis. Teknologi ini dikembangkan oleh Sun Microsystems.

Berbeda dengan applet, suatu fitur pada bahasa Java yang memungkinkan pengembang membuat aplikasi Web yang dieksekusi pada sisi klien, JSP menggunakan pendekatan pemrosesan di sisi server. Pada model seperti ini, kode sumber JSP dijalankan pada Web server. Salah satu keuntungan model seperti ini adalah memungkinkan untuk membuat aplikasi yang independen terhadap keberadaan sistem Java di sisi klien.

Dua alasan penting yang membuat JSP banyak digunakan oleh para pengembang aplikasi Web:

JSP menggunakan bahasa Java. Bagi para pemrogram yang telah mengenal Java, sangatlah mudah untuk membuat aplikasi Web dengan JSP mengingat dasar JSP adalah bahasa Java. Dengan demikian mereka tidak perlu lagi belajar bahasa baru untuk membuat aplikasi Web.

JSP mendukung multiplatform. Dalam hal ini JSP memang bukan satu-satunya perangkat lunak pembuat aplikasi Web yang bersifat multiplatform. PHP, misalnya, juga bersifat multiplatform. Keunggulan dari adanya dukungan multiplatform adalah memungkinkan kode dapat dipindah-pindahkan ke berbagai platform tanpa perlu melakukan perubahan apapun pada kode tersebut. Sebagai contoh, Anda bisa menulis kode JSP yang pada awalnya ditujukan untuk dijalankan pada Windows, dan kemudian dipindahkan ke lingkungan lain, misalnya Linux.

Arsitektur JSP

Sebelum melangkah lebih jauh tentang bagaimana membuat kode sumber JSP, ada baiknya bagi Anda untuk mengenali arsitektur JSP, sehingga Anda mengetahui mekanisme kerja JSP.


Gambar di atas memperlihatkan prinsip kerja pengaksesan dokumen JSP.

Pemakai yang ingin mengakses halaman Web mula-mula mengirimkan permintaan halaman Web melalui protokol HTTP (HyperText Transfer Protocol) dalam bentuk JSP (berekstensi .jsp). Permintaan ini akan disampaikan ke Web server. Kemudian Web server mengambil dokumen JSP dan mengirimkan ke JSP Servlet Engine. Bagian inilah yang melakukan pemrosesan kode-kode JSP (termasuk di dalamnya melakukan pengompilasian) dan membentuk kode HTML. Berikutnya, kode HTML ini disampaikan oleh Web server ke klien yang memintanya. Kode HTML ini selanjutnya diproses oleh browser sehingga pemakai bisa memperoleh informasi dari halaman Web yang dikehendakinya.

 

Catatan :

Pengompilasian kode JSP hanya dilakukan sekali saja, yaitu pada pemanggilan dokumen yang pertama kali. Oleh karena itu pemakai yang memanggil dokumen yang baru saja dibuat atau diperbaharui akan merasakan bahwa tanggapan terhadap permintaan halaman Web cukup lama. Untuk menghindari keadaan seperti ini, pengembang dapat memanggil terlebih dulu dokumen tersebut setelah dilakukan perubahan.

Detail pemrosesan oleh JSP Servlet engine adalah sebagai berikut:

1. Melakukan pemilahan (parsing) kode JSP,

2. Membangkitkan kode sumber Servlet,

3. Mengkompilasi kode sumber Servlet menjadi sebuah kelas,

4. Membuat instan servlet,

5. Memberikan keluaran servlet ke Web server.



Jumat, 20 November 2009


Saat ini terdapat ribuan cara untuk mendapatkan penghasilan dari dunia maya walaupun kita tidak memiliki produk atau jasa untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Dua diantaranya adalah mengikuti program afiliasi seperti assosciate, commision, referral, bounty and partner programs, dan program advertising seperti Fastclick, Bidvertiser, dan Google AdSense. Mungkin beberapa dari kalian pernah mendengar istilah 'Googgle Adsense'. Apa sih Google adsense itu..?

Beberapa pengguna internet mungkin belum mengetahui bahwa mesin pencari Google yang selama ini biasa dipakai untuk mencari informasi, ternyata bisa juga dipakai sebagai mesin pencari uang. Melalui AdSense ini setiap orang memiliki peluang untuk menikmati sebagian kesuksesan yang telah dicapai oleh Google dalam 'industri pencarian' di dunia maya. Jika Anda sudah mempunyai web, blog, atau portal, tidak ada salahnya untuk mencoba mendaftarkannya pada Google AdSense. Contoh suksesnya adalah Joel Comm dapat menghasilkan rata-rata $500/hari dalam memanfaatkan program ini. Nick Denton, pengelola Gawker Media, meraup ribuan dolar per bulan dengan hanya menjual ruang iklan di blog-nya. Ken Caulhon dengan DaytradingUniversity.com mampu membukukan penghasilan $300.000 per tahun. Robert Clark pemilik website investigasi yang mampu manghasilkan laba $250.000 per tahun.  Dengan menggunakan sebuah situs, web, blog, atau portal kita sudah bisa mengikuti program Adsense tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun dengan peluang penghasilan yang tak terbatas. Well, untuk dapat mengikuti program ini tentunya kita hanya tinggal menyisakan sedikit ruang pada situs web, blog atau portal kita untuk ditempati iklan atau suatu mesin pencarian 'search engine' Google.  Dengan seperti inilah pendapatan kita dapat mengalir dengan sendirinya apabila ada pengunjung web atau blog yang melakukan klik iklan dan atau menjalankan mesin pencari Google di web atau blog kita.

Apa sih Google Adsense..??

Google Adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaanya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka.kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka.

Apa saja yang kita dapatkan dari Google Adsense?

AdSense akan memebayar pemilik halaman webseandainya ada pengunjung yang melakukan klik terhadap setiap iklan baik dalam bentuk teks, maupun benner dari klien AdSense. Besaran uang yang diterima tergantung pada berapa harga per klik yang sanggup dibayar klien AdSense.

Sebelum memulai AdSense adala hal yang sangat penting untuk diketahui adalah isi atau content. Jika web atau blog yang akan kita gunakan memliki content yang menarik, maka pengunjung bisa saja tidak hanya mengunjungi blog Anda hanya sekali saja. Mereka mungkin berulang-ulang untuk datang ke blog atau web tersebut karena ketertarikannya terhadap isi yang dibuat. Hal ini merupakan kesempatan bagi kita yang ingin menuai uang lebih banyak. Gogle sangat menyukai content. Maksudnya jika kita ingin bergabung dengan AdSense, maka kita harus memiliki web atau blog yang sarat akan content. Google akan melihat apakah web atau blog yang telah dibuat tersebut benar-benar 'berisi' atau hanya dibuat ala kadarnya. satu hal yang harus diingat dalam hal ini adalah 'Google Loves Content'.

Sebelum kita memulai AdSense sebaikanya kita dapat mempertimbangkan terlebih dahulu kaidah peraturan yang dibuat oleh Google. Percuma saja jika Anda bersusah payah membuat puluhan halaman tetapi akhirnya web atau blog yang akan telah diajukan tersebut ditolak oleh Google. Beberapa kaidah yang ditentukan oleh AdSense agar blog atau web kita dapat diterima oleh Adsense diantaranya adalah:

     1. Google AdSense Program Policies

Aturan ini bisa berubah setiap saat sehingga tidak ada salahnya untu melihat kembali aturan di sini

     2.  Penempatan Iklan

  • Satu halaman  terdiri dari maksimal tiga ad unit (AdSense for Content)
  • Satu halaman terdiri dari maksimal 2 kotak pencari google (AdSense for Search)
  • Satu halaman terdiri dari maksimal satu link unit.
  • AdSense for Content tidak boleh ditempatkan di ahalaman yang tidak berbasis content termasuk di dalamnya adalah halaman error, login, registrasi, terimakasih, atau halaman selamat datang.
  • AdSense for content dan AdSense for search tidak boleh ditayangkan di parking website, pop-up,pop-up unders, atau dalam email.
  • AdSense for content tidak boleh ditayangkan di halaman yang husus dibuat untuk memperlihatkan iklan -tidak peduli apakah isi halaman tersebut relevan atau tidak.
  • Tidak memunculkan iklan melalui proses download

     3. Software dan Modifikasi Kode

AdSense for Content, AdSense for search (dan hasil pencarian)dan referral tidak boleh ditempatkan pada aplikasi atau software apapun termasuk toolbar. Sedangkan untuk kode AdSense for content dan for search harus ditempatkan dalam halaman web tanpa modifikasi.

     4. Materi dengan Hak Cipta (Copyright)

Untuk menghindari klaim hak cipta , publisher tidak diperkenankan menampilkan iklan pada halaman web dengan meyertakan MP3, video, newsgroup, dan gambar kecuali publisher memiliki izin.

     5. Komisi, Hadiah, atau Iming-iming

Pada halaman web tidak boleh ada hadiah bagi pengunjung untu malakukan klik. Kata-kata yang mengandung makna mengajak melakukan klik seperti "klik disini","support us", "kunjungi link ini" atau kata-kata lain yang sejenis juga tidak diperbolehkan.

     6. Label Iklan

Publisher tidak diperkenankan menuliskan label yang 'tersamar' di atas ad units misalnya "favorite links".

     7. Bahasa

Kode AdSense bisa ditempatkan pad halaman dengan content berbahasa tertentu yang disupport oleh AdSense.

     8. Klik yang Dilarang

Segala macam metode yang dilakukan dengan sengaja untuk melakukan klik adalah dilarang. Beberapa hal yang dilarang diantaranya adalah klik manual yang berulang-ulang, pemberian intensif untuk melakukan klik, penggunaan robot, alat klik otomatis atau software lain yang sejenis. Klik yang dilakukan oleh publisher juga dilarang.

     9. Content

Google tidak akan memberikan persetujuan untuk web atau blog yang berisi :

  • Kalimat-kalimat yang tidak senonoh
  • Kekerasan, kekejaman, SARA, hasutan terhadap individu atau kelompok
  • Hacking atau Cracking
  • Perdagangan narkkoba beserta peralatannya
  • Pornografi dan segala sesuatu yang bersifat 'dewasa'
  • Hal-hal yang berkaitan dengan judi dan kasino
  • Iklan yang berlebihan
  • Promosi ilegal
  • Kata kunci atau keyword yeng penggunaannyadipakai berylang kalidan tidak relevan dengan isi situs
  • Manipulasi konten untuk meningkatkan perikngkat di mesin pencari
  • Pemberian komisi atau kompensasi kepada pengunjung untuk melakukan klik iklan
  • Penawaran senjata dan atau amunisinya, minuman beralkohol, rokok, dan replika dari suatu produk.

Referensi :

Comm, Joel, The Google AdSense Secrets. www.adsense-secrets.com

Hidayat, Taufik.2007."Meraup Dolar Lewat Internet".mediakita : Jakarta

Publishers : 2002.

 

Minggu, 15 November 2009

Konflik

Manajemen Konflik


1. Pengertian Konflik

Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.

Tidak satu masyarakat pun yang tidak pernah mengalami konflik antar anggotanya atau dengan kelompok masyarakat lainnya, konflik hanya akan hilang bersamaan dengan hilangnya masyarakat itu sendiri.

Konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa individu dalam suatu interaksi. perbedaan-perbedaan tersebut diantaranya adalah menyangkut ciri fisik, kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, keyakinan, dan lain sebagainya.

2. Aspek Positif dalam Konflik

Konflik bisa jadi merupakan sumber energi dan kreativitas yang positif apabila dikelola dengan baik. Misalnya, konflik dapat menggerakan suatu perubahan :

  1. Membantu setiap orang untuk saling memahami tentang perbedaan pekerjaan dan tanggung jawab mereka. 
  2. Memberikan saluran baru untuk komunikasi. 
  3. Menumbuhkan semangat baru pada staf.
  4. Memberikan kesempatan untuk menyalurkan emosi.
  5. Menghasilkan distribusi sumber tenaga  yang lebih merata  dalam organisasi.

Apabila konflik mengarah pada kondisi destruktif, maka hal ini dapat berdampak pada penurunan efektivitas kerja dalam  organisasi  baik secara perorangan maupun kelompok, berupa penolakan, resistensi terhadap perubahan, apatis, acuh tak acuh, bahkan mungkin muncul luapan emosi destruktif, berupa demonstrasi.

3. Penyebab Konflik

Konflik dapat berkembang karena berbagai sebab sebagai berikut:

  •  Batasan pekerjaan yang tidak jelas
  • Hambatan komunikasi
  • Tekanan waktu
  • Standar, peraturan dan kebijakan yang tidak masuk akal 
  • Pertikaian antar pribadi
  • Perbedaan status
  • Harapan yang tidak terwujud

4. Pengelolaan Konflik

Konflik dapat dicegah atau dikelola dengan:

  1. Disiplin: Mempertahankan disiplin dapat digunakan  untuk mengelola dan mencegah konflik. 
  2. Manajer perawat harus mengetahui dan memahami peraturan-peraturan yang ada dalam organisasi. Jika belum jelas, mereka harus mencari bantuan untuk memahaminya.
  3. Pertimbangan Pengalaman dalam Tahapan Kehidupan: Konflik dapat dikelola dengan mendukung perawat untuk mencapai tujuan sesuai dengan pengalaman dan tahapan hidupnya.  Misalnya; Perawat junior yang berprestasi  dapat  dipromosikan untuk mengikuti pendidikan kejenjang  yang lebih tinggi, sedangkan bagi perawat senior yang berprestasi dapat dipromosikan  untuk menduduki  jabatan yang lebih tinggi.
  4. Komunikasi: Suatu Komunikasi yang baik akan menciptakan lingkungan yang terapetik dan kondusif. Suatu upaya yang dapat dilakukan manajer untuk  menghindari konflik adalah dengan menerapkan  komunikasi yang efektif dalam kegitan sehari-hari  yang akhirnya dapat dijadikan sebagai  satu cara hidup.
  5. Mendengarkan secara aktif: Mendengarkan secara aktif merupakan hal penting untuk mengelola konflik. Untuk memastikan bahwa penerimaan para manajer perawat telah memiliki pemahaman yang benar, mereka dapat merumuskan kembali permasalahan para  pegawai sebagai tanda bahwa mereka telah mendengarkan.

5. Teknik atau Keahlian Untuk Mengelola Konflik

Pendekatan dalam resolusi konflik tergantung pada :

  • Konflik itu sendiri
  • Karakteristik orang-orang yang terlibat di dalamnya  
  • Keahlian individu yang terlibat dalam penyelesaian konflik
  • Pentingnya isu yang menimbulkan konflik
  • Ketersediaan waktu dan tenaga

6. Strategi

1)       Menghindar

Menghindari konflik dapat dilakukan jika isu atau masalah yang memicu konflik tidak terlalu penting atau jika potensi konfrontasinya tidak seimbang dengan akibat yang akan ditimbulkannya. Penghindaran merupakan strategi yang memungkinkan pihak-pihak yang berkonfrontasi untuk menenangkan diri. Manajer perawat yang terlibat didalam konflik dapat menepiskan isu dengan mengatakan “Biarlah kedua pihak mengambil waktu untuk memikirkan hal ini dan menentukan tanggal untuk melakukan diskusi”

2)       Mengakomodasi

Memberi kesempatan pada orang lain untuk mengatur strategi pemecahan masalah, khususnya  apabila isu tersebut penting bagi orang lain. Hal ini memungkinkan timbulnya kerjasama dengan memberi kesempatan  pada mereka untuk  membuat keputusan. Perawat yang menjadi bagian dalam konflik dapat mengakomodasikan pihak lain dengan menempatkan kebutuhan pihak lain di tempat yang pertama.

3)       Kompetisi

Gunakan metode ini jika anda percaya bahwa anda memiliki lebih banyak informasi dan keahlian yang lebih dibanding yang lainnya atau ketika anda tidak ingin mengkompromikan nilai-nilai anda. Metode ini mungkin bisa memicu konflik tetapi bisa jadi merupakan metode yang penting untuk alasan-alasan keamanan.

4)       Kompromi atau Negosiasi

Masing-masing memberikan dan menawarkan sesuatu pada waktu yang bersamaan, saling memberi dan menerima, serta meminimalkan  kekurangan semua pihak yang dapat menguntungkan semua pihak.

5)    Memecahkan Masalah atau Kolaborasi  

-   Pemecahan sama-sama   menang  dimana individu yang terlibat mempunyai tujuan kerja yang sama.

-  Perlu adanya satu komitmen dari semua pihak yang terlibat untuk saling mendukung dan  saling memperhatikan satu sama lainnya.

7. Petunjuk Pendekatan Situasi Konflik

  • Diawali  melalui penilaian diri sendiri
  • Analisa  isu-isu seputar konflik
  • Tinjau kembali  dan sesuaikan dengan  hasil eksplorasi diri sendiri
  • Atur dan rencanakan  pertemuan antara individu-individu yang terlibat konflik
  • Memantau sudut pandang dari semua individu yang terlibat
  • Mengembangkan dan  menguraikan solusi
  • Memilih solusi dan melakukan tindakan
  • Merencanakan Pelaksanannya


Web 3.0 'Inovasi Tiada Henti'


Jika ingin melihat akan seperti apa perkembangan web di masa depan, maka Web 3.0 adalah jawabannya. Terobosan ini merupakan bukti bahwa teknologi World Wide Web selalu berkembang.

Dunia maya (baca: Internet) telah banyak mempengaruhi kehidupan manusia dewasa ini. Semakin banyak orang yang menggantungkan perkembangan informasinya kepada Internet, sehingga teknologi yang dipergunakan dalam pembangunan sebuah situs web pun terus berkembang. Dari era pertama web dikembangkan (Web 1.0), dimana pengunjung hanya bisa mencari (searching) dan melihat-lihat (browsing) data informasi yang ada di web, kemudian bergeser pada era pengembangan web kedua (Web 2.0) di mana pengunjung mulai dapat melakukan interaksi dengan diatur oleh sistem yang ada pada web. Jenis interaksi yang dapat dilakukan pada era kedua ini antara lain untuk saling bertukar informasi (sharing), eksploitasi informasi, dan juga pembuatan komunitas-komunitas online seperti yang marak saat ini, seperti Friendster, Multiply, YouTube, dan lain-lain. Masing masing komunitas ini mempunyai kepentingannya sendiri dalam saling bertukar data maupun informasi yang mereka himpun. Dalam era inilah sebenarnya interaksi sosial dalam dunia maya mulai dikembangkan. Dan mulai dari era ini pulalah ide untuk mengembangkan aspek sosial sebuah web mulai dipikirkan.

Aspek sosial yang dimaksud, terutama adalah aspek interaksi. Bagaimana sebuah web dapat memberikan sebuah interaksi sesuai dengan kebutuhan informasi setiap pemakaianya, merupakan sebuah tantangan utama dikembangkannya versi Web 3.0 ini. Walaupun hanya bersifat virtual 3D, namun ternyata banyak yang mengharapkan perkembangan teknologi web ini dapat memenuhi kebutuhan setiap bidang informasi, bahkan setiap orang yang mengunjunginya.

Jika dianalogikan dalam kehidupan nyata, masyarakat kini ingin diperlakukan seperti seorang pengunjung butik dalam mendapatkan apa yang diinginkannya. Bukan seperti pengunjung supermarket yang dibiarkan mencari dan mendapatkan sendiri barang yang dinginkannya. Pengunjung sebuah web ingin dimengerti kemauannya oleh ‘toko’ penyedia informasi (dalam hal ini website). Inilah yang dimaksud dengan tantangan bagaimana sebuah web dapat mengerti dan membantu pengunjung dalam berinteraksi dengan semua informasi yang ada. Sehingga tak mengherankan jika kemudian ciri dari pengembangan web generasi ketiga ini adalah web yang bersifat ‘nyata’, benar-benar ada interaksi yang terjadi, kemudian dapat memberikan suggestion atau ‘anjuran’ kepada pengunjung dalam mendapatkan informasi yang diharapkannya, dan tentu saja juga tetap bersifat ‘provide’ atau mampu menyediakan informasi yang dibutuhkan.

Web 3.0 sendiri merupakan sebuah proyek pengembangan semantic web, yaitu sebuah sistem web yang dapat melacak setiap kaitan dari kata-kata yang terangkai, berkaitan dengan arti setiap kata yang dipakai. Tujuannya tentu saja agar web dapat menjadi media umum untuk bertukar informasi melalui dokumen-dokumen yang bahasanya dapat dimengerti oleh sistem, sehingga para pengunjung web dapat dengan mudah mencari data yang tepat atau minimal berkaitan dekat dengan apa yang kita maksud. Web 3.0 sendiri merupakan sebuah realisasi dari pengembangan sistem kecerdasan buatan (artificial intelegence) untuk menciptakan global meta data yang dapat dimengerti oleh sistem, sehingga sistem dapat mengartikan kembali data tersebut kepada pengunjung dengan baik.

Saat ini adaptasi Web 3.0 mulai dikembangkan oleh beberapa perusahaan di dunia seperti secondlife, Google Co-Ops, bahkan di Indonesia sendiri juga sudah ada yang mulai mengembangkannya, yaitu Li’L Online (LILO) Community.

Permasalahan lain yang potensial muncul adalah, sebagai teknologi masa depan, Web 3.0 juga membutuhkan kecepatan akses Internet yang memadahi dan spesifikasi komputer yang tidak enteng, hal ini disebabkan tak lain karena teknologi ini secara visual berbasis 3D. Sedangkan seperti yang kita tahu biaya akses Internet dengan kecepatan tinggi di Indonesia ini masih terbilang mahal bagi masyarakat umum. Belum lagi jika dihitung dari biaya spesifikasi perangkat komputer yang dibutuhkan, mungkin masyarakat Indonesia yang ingin menikmati kecanggihan layanan berbasis teknologi Web 3.0 masih harus menarik nafas penjang. Namun karena Web 3.0 sendiri masih dalam pengembangan, seiring dengan berlalunya waktu sebagai masyarakat Indonesia kita masih bisa mengharapkan bahwa biaya komunikasi, dalam hal ini koneksi Internet kecepatan tinggi akan semakin murah nantinya, sehingga terjangkau bagi masyarakat luas.



Web 3.0, Sebuah Bukti Inovasi Tiada Henti
dwinita BeritaNET.com, 16 Oktober, 2007 


Sabtu, 14 November 2009

Sistem Informasi Eksekutif

Pengertian Sistem Informasi Eksekutif

          Sistem informasi eksekutif terdiri dari dua istilah yang saling berhubungan. Yakni Sistem informasi dan eksekutif. Sistem informasi merupakan satu kesatuan unsur (manusia dan peralatan) yang bekerja secara bersama untuk melaksanakan pengolahan informasi dari mulai pengumpulan,pengolahan, penyimpanan dan pendistribusiannya. Sedangkan eksekutif merupakan pelaksana/yg bertindak untuk melaksanakan suatu sistem informasi atau manajer pada tingkat atas dari struktur organisasi yang berpengaruh kuat pada perusahaan dan terlibat dalam perencanaan strategis dan menetapkan kebijakan perusahaan. Contoh: direktur,kepala-kepala bagian,presiden atau gubernur bagian.

          Jadi, sistem informasi eksekutif adalah sistem informasi yang menyediakan fasilitas yang fleksibel bagi manajer dan eksekutifdalam mengakses informasieksternal dan internal yang berguna untuk mengidentifikasi masalah atau mengenali  peluang.

 

Apa yang dilakukan Eksekutif..?

• Untuk memperoleh pandangan tambahan mengenai apa yang dilakukan

   eksekutif, kita dapat memeriksa kembali kontribusi yang dibuat oleh tiga

   ahli teori manajemen, yaitu : 

   1. Henry Fayol

   2. Henry Mitzberg

   3. John Kotter 
           

Fungsi-fungsi Manajemen Fayol


• Henri Fayol percaya bahwa semua manjer melakukan fungsi-fungsi

   manajemen yang sama :        

    – Merencanakan (planning)
   
– Mengorganisasikan (organizing)
    – Menyusun Staff (staffing)
    – Mengarahkan (directing)
    – Mengendalikan (controling)


• Yang diyakini secara luas adalah bahwa perencanaan sangat ditekankan

   pada tingkat eksekutif,sementara fungsi-fungsi lain lebih penting bagi

   kinerja di tingkat-tingkat yang lebih rendah.


Peran-peran Manajemen Mintberg


• Semua manajer melakukan semua peran, tetapi orientasinya berbeda untuk

  tiap tingkatan.


• Mintberg memberikan contoh tentang manajer puncak merundingkan

   penggabungan usaha (merger), dan manajer tingkat rendah yang

   merundingkan tanggal pengiriman dengan pemasok. Keduanya

   berunding, tetapi dengan orientasi yang berbeda.


• 3 Peran Manajemen menurut Mitzberg :

     – Peran Antar Pribadi
     – Peran Informasi
     – Peran Keputusan

Agenda dan Jaringan Kotter


• Kotter yakin bahwa para eksekutif akan mampu mengatasi tantangan

   pekerjaan dengan mengikuti strategi 3 tahap :

1. Menetapkan agenda
2. Membuat jaringan
3. Menetapkan lingkungan

Model Sistem Informasi Eksekutif

1. Dialog antara Eksekutif dengan SIE

    Eksekutif memasukkan instruksi ke dalam sistem melalui menu, pilihan

    menu ditampilkan dengan mouse atau touch screen, informasi ditampilkan

    dalam bentuk tabel, grafik atau narasi.

2. Drill Down

    Eksekutif dapat memulai dari gambaran sekilas dan kemudian secara

    bertahap mengambil informasi yang lebih rinci.

Konsep-konsep Manajemen

1. Faktor-faktor penentuan keberhasilan

2. Management by Exception

    Manajemen terlibat jika sesuatu berjalan tidak sesuai rencana.

3. Model Mental

    Model yang memungkinkan perorangan untuk membuat penilaian dan

    perkiraan, membuat keputusan dan mengendalikan pelaksanaannya

Fakor-faktor penentu keberhasilan EIS

1. Sponsor eksekutif yang mengerti dan berkomitmen

2. Sponsor operasi

3. Staf jasa informasi yang sesuai

4. Teknologi informasi yang sesuai

5. Manajemen data

6. Keterkaitan yang jelas dengan tujuan bisnis

7. Manajemen atas penolakan organisasi

8. Manajemen atas penyebaran dan evolusi sistem (dengan menggunakan

    konsep Trickle Down)


Trend EIS masa depan :

1. Penggunaan SIE di perusahaan besar akan menjadi umum

2. Terdapat kebutuhan akan perangkat lunak EIS khusus yang berharga murah

3. SIM dan DSS masa depan akan tampak seperti EIS masa kini

4. Eksekutif akan menjaga komputer dalam perspektif


Saran-saran untuk memperbaiki EIS :

1. Mencatat transaksi informasi yang masuk

2. Merangsang sumber-sumber bernilai tinggi

3. Memanfaatkan peluang

4. Menyesuaikan sistem pada perorangan

5. Memanfaatkan teknologi

Tips Agar Laptop Tidak Kepanasan

  1. Pakai cooling pad untuk laptop. Cooling pad membantu mengaluarkan udara panas dari laptop Anda. Apabila cooling pad Anda kotor, jangan lupa untuk membersihkannya agar tidak ada debu yang menempel pada laptop.
  2. Jangan menyalakan laptop di atas pangkuan Anda ataupun di atas permukaan yang lunak seperti kasur, bantal, sofa. Karena permukaan yang lunak, dapat menghambat lubang sirkulasi udara laptop. 
  3. Jangan overlock konerja laptop kalau tak perlu. Overlock dengan perangkat lunak pihak ketiga akan menyebabkan panas yang berlebihan pada komponen-komponen laptop sehingga memperbesar peluang laptop Anda untuk kepanasan.
  4. Gunakan laptop di tempat yang sejuk atau ruangan ber-AC. Hindari menggunakan laptop di tempat yang terkena sinar matahari langsung.
  5. Apabila Anda seorang yang tak suka main game dengan laptop, jangan lupa untuk memberikan waktu istirahat untuk laptop Anda. Karena LCD dan komponen laptop lainnya sangat rentan dengan panas.


Ketika Laptop Tiba-Tiba "Ngambek"

          Laptop mempunyai komponen yang lebih rentan jika dibandingkan dengan PC. Sedikit saja terganggu, maka laptop bisa saja tidak mau dikendalikan. Ada baiknya Anda analisis terlebih dahulu penyebabnya. Ada beberapa hal yang bisa membuat laptop Anda mati mendadak.

  • Kasus #1 "Bau ASap"

          Kalau yang ini biasanya berhubungan dengan sumber listrik. Hal pertama yang perlu diperhatikan adala memeriksa sumber listrik laptop. Apakah laptop dalam keadaan tersambung dengan adaptornya ? Jika iya, maka cabut dengan segera adaptor tersebut.

          Lalu coba nyalakan laptop Anda dengan menggunakan baterai. Kalau menyala, masalah disebabkan oleh adaptor laptop. Barangkali adaptornya sudah dalam kondisi yang buruk. 

          Bisa juga karena tegangan yang dikeluarkan adaptor melebihi batas kemampuan laptop sehingga menimbulkan korsleting pada komponen laptop.

  • Kasus #2 "Suhu Ruangan"

          Cek suhu ruangan. Apakah Anda berada di ruangan bertemperatur tinggi? Apa laptop langsung terkena sinar matahari? Kalau iya, bisa jadi laptop mengalami panas berlebih.

          Solusinya, coba gunakan cooling pad atau coba pindahkan laptop Anda ke ruangan yang lebih sejuk. Jangan letakkan laptop di atas permukaan yang lunak contohnya kasur. Karena meletakkan laptop pada permukaan yang lunak dapat menghambat energi panas yang dikeluarkan laptop m,elalui lubang sirkulasi udara. Panas yang seharusnya dibuang oleh laptop tidak tersalurkan dengan baik. Laptop bisa saja tidak mau menyala. Coba diamkan beberapa saat lalu nyalakan kembali.

  • Kasus #3 "Baterai"

          Baterai ini sering menjadi promadona dalam urusan laptop yang ngadat. Jika Anda pakai naterai untuk laptop, cek suhu baterai Anda ketika laptop mendadak mati. Apa panasnya berlebihankah..?? Jika baterai terpasang bersama adaptor laptop, coba lepaskan salah satu. Jadi laptop hanya ditenagai oleh baterai atau listrik dari adaptor.

          Isi baterai sampai penuh laulu gunakanlah baterai tersebut untuk menyalakan laptop. Jika baterai cepat habis, misalnya dalam waktu 10 sampai 30 menit dari kondisi penuh, kemungkinan baterai laptop Anda sudah bocor. Siap-siap saja untuk beli baterai baru.

  • Kasus #4 "Kipas dan Hardisk Tak Berputar"

          Kalau yang ini sih kemmungkinan kipas dalam laptop rusak, sehingga panas berlebih. Bagaimana tidak panas kalau perangkat pendinginnya rusak?

          Cek lampu indikator yang ada di tombol power laptop. Jika tidak menyala maka kemungkinan ada masalah pada baterai atau adaptor laptop Anda. Coba tes baterai dan adaptor laptop Anda di laptop lain yang sejenis. Apabila baterai dan adaptor berfungsi d=dengan baik, maka ada dua kemungkinan. Kemungkinan pertama yaitu konektor DC yang ada pada laptop Anda bermasalah. KEdua, kemungkinan motherboard laptop harus diganti.

  • Kasus #5 "Lampu Nyala, LCD Mati"

          Kalau yang ini ada banyak keungkinan. Yang paling mungkin, kabel konektor LCD kendor atau putus. Jika kendor atau tidak terpasang dengan baik, kencangkanlah konektor LCD tersebut.

          Periksa juga kondisi kabel konektor LCD. Gunakan multitester untuk mengatahui kondisi kabel. Apabila LCD tidak mau menyala juga walaupun kondisi kabel konektor LCD baik-baik saja, coba gunakan monitor eksternal untuk mencobanya. Apabila ada display dengan monior eksternal, maka kemungkina LCD laptop Anda juga rusak.

          Gantilah LCD dengan yang baru. Tentunya sebelum mengganti LCD Anda harus memperhatikan kompabilitas LCD tersebut.

  • Kasus #6 "Laptop Nyala, Layar Tetap Hitam"

        Coba tekan tombol pengaturan cahaya yanga ada pada keyboard laptop. Siapa tahu masih diatur ke bagian yang paling gelap?Jadi sebelum Anda memakai laptop tersebut, Anda harus mengatur pencahayaan laptop secara manual.

       Apabila tidak berhasil, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencoa masuk ke BIOS. Tekan "F2" untuk masuk ke BIOS.Kebanyakan tipe laptop biasanya menggunakan "F2" untuk masuk BIOS. Layar yang tetap hitam bisa gara-gara BIOS yang rusak. Biasanya salah satu update BIOS bisa jadi penyebab. Coba roll back (kembalikan) BIOS ke versi sebelumnya. Selain masalah pada BIOS, hal ini juga bisa disebabkan oleh rusaknya kartu grafis laptop maupun RAM laptop dan rusaknya lampu backlight yang tidak berfungsi.

Kamis, 12 November 2009

Mengenal Diri Sendiri..?

Benarkah Kita Sudah Mengenal Diri Sendiri?


        Dalam pergaulan kerap ditemui orang yang persepsi tentang dirinya sendiri tidak klop dengan kenyataan. Tapi umumnya orang mengatakan, saya paham betul siapa dirinya. 

        Semakin tua orang diharapkan semakin matang. Bisa diibaratkan seperti bawang, yang terkelupas kulitnya satu per satu, sehingga tidak perlu membentengi dirinya dengan segala macam kebohongan atau kepura-puraan. Ia tak perlu topeng, sehingga hidupnya lebih enak, lebih ringan, karena menjadi diri sendiri.

         Tapi tidak demikian dengan Bu Intan. Ia tak pernah menampilkan diri apa adanya. Wanita pintar berambut lebat ini lebih suka menarik diri dari pergaulan karena tidak bisa berbahasa Inggris.

        “Dibanding teman-teman, saya bukan apa-apa,” katanya. Ia minder, merasa dirinya tidak pantas diperhitungkan dan tempatnya di belakang, karena tidak pernah bisa berkomunikasi jika ada tamu bule. Maka Bu Intan selalu menyingkir atau pura-pura sakit jika harus bertemu orang dari negara lain.

       Padahal teman-temannya tidak pernah menganggapnya remeh. Bu Intan bahkan sangat disukai dan dihormati, karena ia orang yang paling teliti dalam pekerjaan. Ia juga pendengar yang baik, sehingga menjadi tempat curhat teman-temannya.

        Sayangnya hal-hal positif itu tidak dianggapnya penting, dan dia lebih menampilkan dirinya sebagai orang yang nilainya lebih rendah. Padahal, banyak orang lain yang tidak bisa bahasa Inggris tetap sukses dalam pekerjaan dan pergaulan.

       Ini berkebalikan dengan Pak Badu, sebutlah begitu. Anak muda yang belum lama masuk dunia politik ini, menilai dirinya terlalu besar. Dengan posisi politik dan kedudukannya sebagai anggota DPR, ia mengira bisa mengatur negara dan menentukan ini itu seperti yang diinginkannya.
 
      Di hadapan rekan-rekannya dalam suatu acara reuni misalnya, dia bisa berkata, “Oh, gampang i tu. Saya akan atur nanti supaya si Itu dilepaskan dari kabinet dan diganti dengan si Ini.”     

        Dalam acara dengar pendapat dengan seorang penegak hukum yang reputasi, integritas, dan moralnya sangat bagus dia berkata, “Saya ingin menguji Saudara….,” atau bahkan, “Saya ingin   menasihati Saudara….”

         Mendengar itu semua, teman yang mengenal Pak Badu terheran-heran. “Dia itu siapa, kok, berani-beraninya bicara begitu kepada orang tua yang sangat disegani itu.” Temannya yang lain berkomentar, “Kasihan betul Badu ini, dia sudah tidak kenal lagi siapa dirinya.”



Kenyataan dan Asumsi



Mengapa orang bisa seperti itu?

           Mengapa harus membohongi terus? Mungkin mereka dan bahkan kita sendiri mencoba tampil seperti apa yang kita rasakan kita kira bagus, tapi sebetulnya tidak sesuai dengan kenyataan diri kita.

         Lalu, siapa diri kita sebenarnya? Apa yang kita tahu betul tentang diri kita? Apakah kita tahu tentang kelemahan dan kekuatan kita? Dan apa yang kita kira kita tahu tentang diri sendiri itu lantas terbukti atau sesuai dengan kenyataan? Kalau itu kelebihan, apakah orang lain juga mengakuinya? Dan kalau itu kita kira sebagai kekurangan, apakah orang lain juga mengakui itu kekurangan kita?

         Semakin mendekati jarak antara kenyataan dengan apa yang kita asumsikan tentang diri kita, itu berarti baik karena kita mengenal diri sendiri. Begitu pula sebaliknya. Semakin jauh jarak antara kenyatan dengan apa yang kita perkirakan tentang diri sendiri, artinya buruk sekali pengenalan diri kita.

         Apa akibatnya jika orang tidak kenal dirinya, sehingga jarak antara asumsi dan kenyataan tentang diri sendiri begitu jauh? Tak bisa lain, orang itu harus terus berusaha mengingkari kenyataan tentang dirinya.  Barangkali dalam kenyataan sehari-hari muncul dan sering kita temui dalam bentuk over compensation, membual, melebih-lebihkan, atau bahkan mengecilkan orang lain untuk meninggikan diri sendiri, berbohong dan seterusnya jika merasa dirinya paling hebat. Ia tidak berpijak pada kenyataan, sehingga dalam bekerja biasanya hanya omong doang.

        Begitu pula sebaliknya orang yang mengira diri sendiri negatif, akan sangat minder, menarik diri dari pergaulan, mengurung diri, tidak mau melakukan apa pun. “Apalah artinya saya, siapa yang mau mendengarkan saya,” adalah contoh ungkapan yang sering diucapkan orang dengan persepsi diri negatif. Orang ini sebetulnya sangat tertekan pada kelemahan dirinya.

Baik yang menilai dirinya terlalu tinggi maupun terlalu rendah, keduanya tidak sesuai kenyataan dan itu berarti jelek. Hal ini secara mental atau psikologis tidak sehat. Orang yang selalu pakai kedok akan capek, lalu memberikan stres yang besar pada diri sendiri.

 

Solusi

Dalam psikologi ada konsep yang disebut Johari Window atau Jendela Johari, yang menggambarkan pengenalan diri kita. Ada empat jendela dalam Jendela Johari.

 

(1) Jendela terbuka. Hal-hal yang kita tahu tentang diri sendiri, tapi orang lain pun tahu.

      Misalnya keadaan fisik, profesi, asal daerah, dan lain-lain.

(2) Jendela tertutup. Hal-hal mengenai diri kita yang kita tahu tapi orang lain tidak tahu.

      Misalnya isi perasaan, pendapat, kebiasaan tidur, dan sebagainya.

(3) Jendela buta. Hal-hal yang kita tidak tahu tentang diri sendiri, tapi orang lain tahu.

      Misalnya hal-hal yang bernilai positif dan negatif pada kepribadian kita.

(4) Jendela gelap. Hal-hal mengenai diri kita, tapi kita sendiri maupun orang lain tidak

      tahu. Ini adalah wilayah misteri dalam kehidupan.

 

Semakin besar daerah/jendela terbuka kita akan semakin baik, karena berarti kita mengenal diri secara baik. Orang yang memiliki daerah tertutup lebih besar akan mengalami kesulitan dalam pergaulan. Adapun mereka yang memiliki daerah buta sangat besar, bisanya akan membuat orang lain merasa kasihan. 

Kepada orang yang kita kenal dekat, jendela itu harus dibuka semakin besar, juga bila kita ingin bekerjasama dengan orang lain. Bagaimana membuka jendela? Bagaimana kita bisa kenal diri sendiri? Bagaimana kita memiliki jendela terbuka yang semakin besar?

 

1. Bersedia menerima umpan balik, secara verbal maupun non-verbal.

 a. Bersedialah untuk menerima kritik, saran dan pendapat dari orang lain tentang diri kita.

Kalau ada orang yang memberikan kritik sangat pedas, ada baiknya dikaji. Jika merasa tidak benar, tanyakan, mengapa dia mengungkapkan hal itu, cari klarifikasi, dan bukan membalas menghajarnya atau mengkritik balik. Kritik adalah bentuk umpan balik yang berisi informasi negatif tentang diri kita, yang mungkin kita anggap kelemahan. Harusnya kritik itu berisi saran, karena kritik itu berarti menunjukkan kesalahan dan harus bisa memberitahu bagaimana jalan keluarnya

 

b. Kita juga harus mau lebih membuka diri. Ungkapkan kalau ada uneg-uneg, kekesalan,

 kejengkelan dan sebagainya. Bisa lisan bisa tertulis harus diungkapkan terus terang. Bisa juga kita membuka  kekuatan atau kelemahan diri kita,dibagi kalau berupa kekuatan. Ini cara supaya orang lain lebih mengenali diri kita, dan kita pun makin tahu tentang diri sendiri. Kita tidak mungkin mengenali diri sendiri hanya dari muka cermin, tapi juga melalui orang lain supaya kita mendapat gema atau echo dari orang lain.

 

2. Bagaimana cara kita membuka diri?

    Banyak bergaul, berteman baik, memperluas hubungan interpersonal dan

     berkomunikasi. Dengan cara ini kita akan mendapat masukan dari banyak orang.

     Semakin luas pergaulan akan mendapat masukan lebih banyak mengenai diri kita.

 

Sumber : KOMPAS.com




;;

Template by:
Free Blog Templates