Minggu, 14 November 2010

LA IMK

1. Prosedur apa yang paling penting dalam pembuatan Web?

Untuk membangun sebuah website, diperlukan suatu langkah-langkah persiapan yang secara umum dibagi dalam lima tahap, yakni (Rickyanto, Isac.2001):

1. Merumuskan tujuan membuat website

Berdasarkan isi maupun tujuan, suatu website biasanya dapat digolongkan menjadi seperti berikut ini:

a. Website marketing, berfungsi sebagai media presentasi dan pemasaran.

b. Website customer service, berfungsi sebagai media untuk melayani konsumen.

c. Website e-Commerce, berfungsi sebagai media transaksi on-line.

d. Website informasi/berita, berfungsi sebagai media informasi berita

2. Menentukan isi website

Faktor yang paling penting dalam suatu website adalah isi dari website itu sendiri.Hal tersebut berkaitan dengan manfaat yang akan diperoleh pengunjung dari sebuahwebsite.

3. Menentukan target pengunjung

Meskipun suatu website mempunyai sifat terbuka dalam arti sebuah website bebas dikunjungi oleh semua orang, namun alangkah baiknya apabila dalam pembuatanwebsite perlu dilakukan gambaran target yang akan dituju oleh sebuah website. Alasan ini lebih didasarkan pada penggunaan hardware dan aplikasi browser yang berbeda dengan setiap pengunjung.

4. Menentukan struktur website

Struktur website diperlukan untuk memberikan kemudahan dalam mengelola suatuwebsite. Tentunya struktur tersebut harus disesuaikan dengan isi dari website.Dengan memiliki struktur yang terorganisasi dengan baik, suatu website akan memberikan kemudahan dalam navigasi, editing dan pemeliharaan website tersebut.

5. Desain website

Faktor keindahan desain tampilan dari suatu website merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam menetukan keberhasilan suatu website, selain faktor kecepatan loading. Suatu situs yang baik memiliki suatu kesatuan desain bisa dikatakan memiliki kesamaan tema dalam halaman-halaman webnya. Hal ini penting dalam segi estetika maupun segi navigasi. Kesamaan desain yang biasanya dipertahankan antara lain kesamaan jenis font yang digunakan, warna, tombol navigasi (menu), letak menu dan sebagainya. Karena itu sangatlah penting bagi seorang web designer untuk mengetahui aturan-aturan yang berlaku dalam mendesain suatu website. Hal ini diperlukan agar desain dari website yang akan dibangun tidak terkesan sekedarnya.

2. Apa kekurangan dan kelebihan dari web tersebut (www.kidsnationalgeographic.com dan www.brainpop.com )?

Pada www.brainpop.com terdapat interface yang menarik sebab web ini diberikan untuk pengguna anak-anak yang sangat menggemari segi tampilan design sehingga dengan adanya desain tampilan yang penuh warna dapat membuat anak-anak menjadi lebih tertarik untuk belajar dan tau lebih banyak mengenai pelajaran.Dalam website ini terdapat pengetahuan alam, pengetahuan social, astronomi,kebudayaan, kesehatan, bahasa inggris, dan lain-lain. Situs ini sangat baik untuk anak-anak sebab web tersebut menyajikan berbagai hal mengenai pengetahuan yang sangat lengkap. Apalagi ditunjang dengan adanya gambar-gambar yang sangat menarik. Namun kekurangan pada web ini, adalah untuk mengetahui lebih banyak lagi, misalnya saat kita akan melihat video dari beberapa pengetahuan tersebut, kita harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan versi trialnya.

Sama pula halnya dengan web www.kidsnationalgeographic.com, web ini menghadirkan tampilan yang begitu memikat bagi para penggunanya, yakni anak-anak. Keduanya sama sama berfokus pada lingkup web e-learning pada anak sehingga menampilkan tampilan yang penuh dengan gambar-gambar lucu serta gambar yang bergerak. Kelebihan dari situs ini adalah adanya tampilan video yang dapat dilihat sebagai contoh tayangan bagi penggunanya, mereka dapat bebas melihat dan tahu lebih banyak lagi dari situs ini. Warna yang mencolok dan begitu ceria juga digambarkan dalam web ini.

3. Siapakah pengguna atau sasaran dari web www.speakspeak.com ?

Sasaran atau pengguna pada web speakspeak adalah para pelajar atau mahasiswa yang ingin tau lebih banyak mengenai bahasa inggris, peningkatan berbahasa ingris, kemampuan, percakapan, tata bahasa, latihan kosakata, serta grammar yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran atau kursus secara online. Pengguna situs ini dapat melatih kemampuan berbahasa inggris mereka dengan melalui beberapa tahapan. Pada web ini tersedia pelatihan soal gratis dimulai dari tingkat beginner(pemula), intermediate(menengah),ataupun advance.

4. Adakah logo pada web tersebut ketika kita keluar dari menu utama pada page selanjutnya (konsistensi)? www.lecture.eepis-its.edu/-dhoto/pelatihan/flash

Pada speakspeak.com masih terdapat konsistensi yang mungkin terlihat dari web tersebut. Pada halaman awal web ini menyajikan isi menu dalam satu bentuk pengelompokkan sehingga web ini memiliki pendekatan/proximity yang baik. Jika dilihat dari segi konsistensi dimana dalam hal ini yang ditanyakan adalah dari segi tata letak logo, web ini telah memiliki konsistensi yang baik. Pada setiap halaman, logo diletakkan secara konsisten(tetap) yakni pada bagian kiri atas. Konsistensi pada web tergolong baik jika salah satunya adalah memiliki cir logo yang terdapat pada web tersebut umumnya berada pada bagian kiri atas secara konsisten.

Sedangkan untuk http://lecturer.eepis-its.edu/~dhoto/pelatihan/flash/ tidak terdapat konsistensi pada bagian logo. Web ini kurang memperhatikan konsistensinya. Konsistensinya hanaya dapat dilihat dari segi layoutnya saja. Selebihnya web ini tidak memiliki konsistensi yang baik, hal ini dapat dilihat dari halaman utama, sampai pada ke isi materi-materi yang akan disajikan. Pada awal halaman kita disuguhkan dengan menu berupa tabel-tabel yang dikelompokkan berdasarkan masukan tertentu, namun ketika masuk kedalamnya, tidak terlihat konsistensi yang baik.

5. Bandingkan antara clarity, kesederhanaan, kemewahan, dan keanggunannya?www.psb-psma.org dan onnet.bamboomedia.net

Kesederhanaan dan kemurnian terdapat pada www.psb-psma.org dimana dalam web tersebut terdapat berbagai artikel dan direktori, dalam lingkup yang cukup sederhana. Selain itukesederhanaan tampilan juga lebih diutamakan, sedikitnya objek gambar, penempatan teks juga lebih mengutamakan prinsip kesederhanaan, hal ini bisa dimaksudkan agar kesederhanaan tampilan bisa lebih mempermudah pengguna/user dalam pengertian isi dari web elearning.

Sedangkan untuk design dan artikel yang mereka cari menjadi keanggunan dan kemewahan tersendiri bagai kedua web ini. Terlebih pada onnet.bamboomedia.net, pada web ini pengguna disajikan dengan berbagai macam hal yang interaktif, dan dengan penggunaan flash dan animasi yang cukup menarik, sehingga memudahkan pembelajaran bagi penggunanya. Selain itu, bila para pengguna jenuh, web ini memberikan media untuk menghilangkan penat sejenak dengan adanya permainan-permainan sederhana.

6. Keunggulan kedua web agar banyak dikunjungi!

www.psb-psma.org menyajikan beberapa artikel untuk belajar mengenai suatu hal yang berkaitan dengan materi sekolah menengah atas. Keunggulan dari web ini sendiri ialah isi materi secara umum dari web tersebut. Materi ini biasanya berupa bahan ajar dan keseharian menganai keadaan yang dialami oleh guru maupun siswanya. Web ini secara umum menggambarkan garis besar pengajaran di tingkat SMA. Namun sayangya web ini tidak memberikan materi pelajaran yang seharusnya dapat diberikan melalui web e-learning ini.

Untuk onnet.bamboomedia.net memiliki keunggulan pada tampilan dan design yang cukup menarik bagi dunia pembelajaran via internet. Terlebih web ini memberikan suguhan pembelajaran interaktif bagi penggunanya. Pengguna web ini dapat belajar melalui gambar yang cukup menarik yang dibuat melalui flash.

7. Login untuk masuk ke dalam website Budi Luhur untuk mahasiswa atau umum? www.elearning.budiluhur.ac.id dan http://www.mikroskil.ac.id/

Untuk masuk sebagai pengguna e-learning universitas budi luhur, kita sebagai orang umum tidak dapat mengakses hal tersebut, sebab login disini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa universitas budi luhur.

Begitupula untuk web mikroskill.ac.id web ini juga mengkhususkan pengguna hanya untuk mahasiswa mikroskill. Web ini tidak dibuka untuk umum.

8. Apa yang ditonjolkan dari kedua web tersebut?

Kedua web sama-sama menampilkan hal yang serupa. Karena jenis dari web ini adalah berupa web e-learning yang dibuat untuk universitas tertentu. Dimana user yang terlibat hanyalah pihak universitas itu sendiri. Penjelasan mengenai hal yanag berkaitan dengan universitas, pengajaran , materi, bahkan sampai pada visi dan misi universitas juga tercantum di dalamnya. Universitas budi luhur lebih terorganisir dibandingkan dengan mikroskil. Yang ditonjolkan dari kedua web tersebut budi luhur : lebih terorganisisr, sedangkan untuk mikroskill masih kurang terorganisir

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates