Jumat, 26 November 2010

Packages JAVA

1. Packages

Packages dalam JAVA berarti pengelompokan beberapa class dan interface dalam satu unit. Fitur ini menyediakan mekanisme untuk mengatur class dan interface dalam jumlah banyak dan menghindari konflik pada penamaan.

2. Mengimport Packages

Agar dapat meggunakan class yang berada diluar package yang sedang dikerjakan, Anda harus mengimport package dimana class tersebut berada. Pada dasarnya, seluruh program JAVA mengimport package java.lang.*, sehingga Anda dapat menggunakan class seperti String dan Integer dalam program meskipun belum mengimport package sama sekali. Penulisan import package dapat dilakukan seperti dibawah ini :
import ;

3. Pengaturan CLASSPATH

Diasumsikan package schoolClasses terdapat pada direktori C:\. Langkah
selanjutnya adalah mengatur classpath untuk menunjuk direktori tersebut sehingga pada saat akan dijalankan, JVM dapat mengetahui dimana class tersebut tersimpan. Sebelum membahas cara mengatur classpath, perhatikan contoh dibawah yang menandakan kejadian bila kita tidak mengatur classpath. Asumsikan kita mengkompilasi dan menjalankan class StudentRecord :
C:\schoolClasses>javac StudentRecord.java
C:\schoolClasses>java StudentRecord
Exception in thread "main" java.lang.NoClassDefFoundError:
StudentRecord
(wrong name: schoolClasses/StudentRecord)
at java.lang.ClassLoader.defineClass1(Native Method)
at java.lang.ClassLoader.defineClass(Unknown Source)
at java.security.SecureClassLoader.defineClass(Unknown Source)
at java.net.URLClassLoader.defineClass(Unknown Source)
at java.net.URLClassLoader.access$100(Unknown Source)
at java.net.URLClassLoader$1.run(Unknown Source)
at java.security.AccessController.doPrivileged(Native Method)
at java.net.URLClassLoader.findClass(Unknown Source)
at java.lang.ClassLoader.loadClass(Unknown Source)
at sun.misc.Launcher$AppClassLoader.loadClass(Unknown Source)
at java.lang.ClassLoader.loadClass(Unknown Source)
at java.lang.ClassLoader.loadClassInternal(Unknown Source)

Kita akan mendapatkan pesan kesalahan berupa NoClassDefFoundError yang berarti JAVA tidak mengetahui dimana posisi class. Hal tersebut disebabkan oleh karena classStudentRecord berada pada package dengan nama studentClasses. Jika kita ingin menjalankan class tersebut, kita harus memberi informasi pada JAVA bahwa nama lengkap dari class tersebut adalah schoolClasses.StudentRecord. Kita juga harusmenginformasikan kepada JVM dimana posisi pencarian package, yang dalam hal ini berada pada direktori C:\. Untuk melakukan langkah – langkah tersebut, kita harus mengatur classpath. Pengaturan classpath pada Windows dilakukan pada command prompt : C:\schoolClasses> set classpath=C:\ dimana C:\ adalah direktori dimana kita menempatkan package. Setelah mengatur classpath, kita dapat menjalankan program di mana saja dengan mengetikkan : C:\schoolClasses> java schoolClasses.StudentRecord


Pada UNIX, asumsikan bahwa kita memiliki class - class yang terdapat dalam direktori /usr/local/myClasses, ketikkan : export classpath=/usr/local/myClasses Perhatikan bahwa Anda dapat mengatur classpath dimana saja. Anda juga dapat mengatur lebih dari satu classpath, kita hanya perlu memisahkannya dengan menggunakan ; (Windows), dan : (UNIX).

Sebagai contoh :
set classpath=C:\myClasses;D:\;E:\MyPrograms\Java
dan untuk sistem UNIX :
export classpath=/usr/local/java:/usr/myClasses

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates