Sabtu, 14 November 2009
Pengertian Sistem Informasi Eksekutif
Sistem informasi eksekutif terdiri dari dua istilah yang saling berhubungan. Yakni Sistem informasi dan eksekutif. Sistem informasi merupakan satu kesatuan unsur (manusia dan peralatan) yang bekerja secara bersama untuk melaksanakan pengolahan informasi dari mulai pengumpulan,pengolahan, penyimpanan dan pendistribusiannya. Sedangkan eksekutif merupakan pelaksana/yg bertindak untuk melaksanakan suatu sistem informasi atau manajer pada tingkat atas dari struktur organisasi yang berpengaruh kuat pada perusahaan dan terlibat dalam perencanaan strategis dan menetapkan kebijakan perusahaan. Contoh: direktur,kepala-kepala bagian,presiden atau gubernur bagian.
Jadi, sistem informasi eksekutif adalah sistem informasi yang menyediakan fasilitas yang fleksibel bagi manajer dan eksekutifdalam mengakses informasieksternal dan internal yang berguna untuk mengidentifikasi masalah atau mengenali peluang.
Apa yang dilakukan Eksekutif..?
• Untuk memperoleh pandangan tambahan mengenai apa yang dilakukan
eksekutif, kita dapat memeriksa kembali kontribusi yang dibuat oleh tiga
ahli teori manajemen, yaitu :
1. Henry Fayol
2. Henry Mitzberg
3. John Kotter
Fungsi-fungsi Manajemen Fayol
• Henri Fayol percaya bahwa semua manjer melakukan fungsi-fungsi
manajemen yang sama :
– Merencanakan (planning)
– Mengorganisasikan (organizing)
– Menyusun Staff (staffing)
– Mengarahkan (directing)
– Mengendalikan (controling)
• Yang diyakini secara luas adalah bahwa perencanaan sangat ditekankan
pada tingkat eksekutif,sementara fungsi-fungsi lain lebih penting bagi
kinerja di tingkat-tingkat yang lebih rendah.
Peran-peran Manajemen Mintberg
• Semua manajer melakukan semua peran, tetapi orientasinya berbeda untuk
tiap tingkatan.
• Mintberg memberikan contoh tentang manajer puncak merundingkan
penggabungan usaha (merger), dan manajer tingkat rendah yang
merundingkan tanggal pengiriman dengan pemasok. Keduanya
berunding, tetapi dengan orientasi yang berbeda.
• 3 Peran Manajemen menurut Mitzberg :
– Peran Antar Pribadi
– Peran Informasi
– Peran Keputusan
Agenda dan Jaringan Kotter
• Kotter yakin bahwa para eksekutif akan mampu mengatasi tantangan
pekerjaan dengan mengikuti strategi 3 tahap :
1. Menetapkan agenda
2. Membuat jaringan
3. Menetapkan lingkungan
Model Sistem Informasi Eksekutif
1. Dialog antara Eksekutif dengan SIE
Eksekutif memasukkan instruksi ke dalam sistem melalui menu, pilihan
menu ditampilkan dengan mouse atau touch screen, informasi ditampilkan
dalam bentuk tabel, grafik atau narasi.
2. Drill Down
Eksekutif dapat memulai dari gambaran sekilas dan kemudian secara
bertahap mengambil informasi yang lebih rinci.
Konsep-konsep Manajemen
2. Management by Exception
Manajemen terlibat jika sesuatu berjalan tidak sesuai rencana.
Model yang memungkinkan perorangan untuk membuat penilaian dan
perkiraan, membuat keputusan dan mengendalikan pelaksanaannya
Fakor-faktor penentu keberhasilan EIS
1. Sponsor eksekutif yang mengerti dan berkomitmen
3. Staf jasa informasi yang sesuai
5. Manajemen data
7. Manajemen atas penolakan organisasi
8. Manajemen atas penyebaran dan evolusi sistem (dengan menggunakan
konsep Trickle Down)
Trend EIS masa depan :
1. Penggunaan SIE di perusahaan besar akan menjadi umum
2. Terdapat kebutuhan akan perangkat lunak EIS khusus yang berharga murah
3. SIM dan DSS masa depan akan tampak seperti EIS masa kini
4. Eksekutif akan menjaga komputer dalam perspektif
Saran-saran untuk memperbaiki EIS :
1. Mencatat transaksi informasi yang masuk
2. Merangsang sumber-sumber bernilai tinggi
3. Memanfaatkan peluang
4. Menyesuaikan sistem pada perorangan
5. Memanfaatkan teknologi
Label: Perkuliahan
0 komentar:
Posting Komentar